Powered By Blogger

Jumat, 11 Desember 2009

Usir Kesemutan Pada Tangan Anda

Di tengan aktivitas sehari-hari, orang bisa saja mengalami pegal di bahu bagian belakang. Rasanya seperti baal atau kesemutan sehingga membuat kita merasa tidak nyaman. Pada kondisi yang parah, rasa itu bisa saja menjalar sampai ke lengan bahkan sampai ke jari tangan, baik pada tangan kiri ataupun tangan kanan.
Situasi ini bisa terjadi karena "sindrom bahu dan lengan" (shoulder and arm syndrome) atau dalam bahasa kedokteran disebut brachial plexus injury. Sumber masalahnya sebenarnya ada di tulang belakang bagian atas (cervical) dan dada (thoracal). Tepatnya di cervical ruas 5, 6, 7, dan antara cervical 8 dan thoracal 1.
Gangguan ini tidak terjadi secara mendadak. ini bisa disebabkan oleh karena di masa lalu penderita mengalami kecelakaan yang berdampak terhadap tulang belakang. Jika suatu kali terpicu lagi cedera pada area tersebut, maka akan kambuh. namun bisa juga disebabkan oleh sistem saraf dan kualitas otot yang kurang baik.
Orang biasanya akan mengatasi pegal-pegal dan kesemutan dengan cara mengerik/mengerok. Atau datang ke dokter untuk meminta obat penahan rasa sakit. Pada ilmu chiropractic, seorang chiropractor akan mendiagnosis keluhan tersebut kemudian mengkoreksinya. "Pada kasus yang masih ringan, koreksi ini bisa sangat cepat," kata dr.Tinah Tan, chiropractor pada klinik Citylife Chiropractic.
Untuk menjaga agar tidak terjadi keluhan akibat tulang belakang, disarankan:
- Selalu memeriksakan kondisi tulang belakang, meskipun tidak terdapat keluhan.
- Memperhatikan aktivitas sehari-hari yang tidak membebani kerja tulang dan otot.
- Jika terjadi keluhan menyangkut tulang, saraf, dan otot, sebaiknya tidak ditangani sendiri, agar tidak berlanjut. Konsultasilah ke dokter agar dapat diketahui sumber masalah dan dilakukan terapi fisik


disadur dari INTISARI Nov 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar